Select Page

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun berdasarkan penanggalan Tahun Caka, yang dimulai pada tahun 79 SM. Hari Raya Nyepi bertepatan dengan Tahun Baru Caka. Sabtu, 1 September 2018 umat Hindu di  lingkungan Yayasan Taruna Bakti yang terdiri dari siswa, orangtua, dan guru merayakan Dharma Santi.  Dharma Santi dilaksanakan setelah semua rangkaian upacara Nyepi berakhir. Pelaksanaan Dharma Santi merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sradha sesuai ajaran agama dan untuk memupuk hubungan sosial di lingkungan Yayasan Taruna Bakti.

Dalam sambutannya, Bapak I Wayan Suwastama, S.Ag selaku koordinator kegiatan dan guru Agama Hindu mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi misi Yayasan Taruna Bakti, yaitu menciptakan suasana lingkungan sekolah yang mampu menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling menghormati.  Tema perayaan Dharma Santi kali ini  adalah “ Melalui Dharma Santi kita tingkatkan rasa persaudaraan dan persatuan dalam keberagaman”, oleh karena itu semoga Dharma Santi ini dapat memberikan kedamaian.

Rangkaian kegiatan Dharma Santi ini diisi dengan doa bersama, hiburan berupa penampilan tarian dan nyanyian dari siswa serta penyampaian Dharma Wacana oleh cendikiawan Hindu yaitu Bapak Dewa Bonha, M.Si.

Bapak Dewa Bonha sangat mengapresiasi perayaan Dharma Santi ini. Beliau mengingatkan, untuk senantiasa menjunjung sikap saling menghormati antarumat beragama.

Bapak Dewa Bonha menuturkan bahwa seseorang yang menghormati agama orang lain sesungguhnya dia telah mensucikan agamanya. Sedangkan seseorang yang menghina agama orang lain, sesungguhnya dia sedang menjelekkan agamanya sendiri. ****)))