Select Page

Di awal tahun 2018 ini sekolah SD Taruna Bakti kembali ikut serta di acara Festival Adiwiyata tepatnya di acara Interval x 4th. Adiwiyata Festival yang diadakan di kampus UNJANI di jalan Terusan Gatot Subroto Bandung. Acara ini diselenggarakan oleh Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani berjasama dengan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Kota Bandung.

Interval x 4th. Adiwiyata Festival tahun 2018 hadir dengan tema “Dare to Build Startup Business”. Interval x Adiwiyata Festival dimeriahkan oleh beberapa kegiatan seperti : Workshop ISO 9001:2015, Jalan Santai + GPS,  Pameran dan Bazaar, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Fashion Show Daur Ulang, Lomba Film Lingkungan,  Audisi Band, Lomba Perkusi, Lomba Modern Dance, dan Pelaksanaan REKOR MURI (Pembuatan sajadah berbahan kemasan kopi dengan peserta terbanyak).

Jalan santai & aksi gps SD Taruna Bakti terdiri dari 7 orang siswa yang merupakan gabungan perwakilan  kelas 4 dan 5  ditambah 2 orang guru pendamping . Jalan santai diikuti oleh civitas akademika Teknik Industri UNJANI & komunitas sekolah adiwiyata kota Bandung serta instansi terkait. Jalan santai menempuh rute yang akan ditentukan, jalan santai disertai dengan aksi gerakan pungut sampah di sejumlah ruas jalan yang diikuti. Setiap peserta dibekali trash bag dan juga sarung tangan, peserta melakukan aksi GPS di sepanjang jalan yang di lalui. Di beberapa titik tertentu yang dilewati disiapkan sepeda motor sampah yang disiapkan oleh PD Kebersihan untuk menjadi TPS dan atau mengangkut langsung sampah-sampah yang didapatkan selama jalan santai & aksi GPS berlangsung. 

Selain kegiatan jalan santai dan gps, SD Taruna Bakti ikut serta dalam Green Festival. Green festival adalah pameran beragam kreasi produk daur ulang yang dipersembahkan oleh komunitas Sekolah Adiwiyata Kota Bandung & Teknik Industri UNJANI. Produk daur ulang yang dipamerkan bisa beragam kreasi dengan menggunakan bahan limbah/sampah plastik, kertas, kain, kaca, kayu, besi serta display beragam lukisan produk daur ulang dll. Peserta pameran kreasi daur ulang ditentukan (=terbatas/maks 10 stand saja). 

Photo dokumentasi kegiatan Interval x 4th. Adiwiyata Festival tahun 2018