Select Page

BANDUNG, Untuk memperingati HUT RI ke-73  SD Taruna Bakti mengadakan kegiatan khusus untuk meningkatkan rasa nasionalisme siswa (16/8/2018). Kegiatan yang bertempat di lapangan sekolah Jln. L.L.R.E. Martadinata, Bandung, berlangsung dengan meriah. Menambah semaraknya peringatan peristiwa bersejarah ini, siswa dan guru serempak menggunakan pakaian merah dan putih.

Acara diawali dengan teatrikal drama yang diperankan oleh siswa dan guru. Sejenak, siswa diajak untuk menapaki sejarah perjuangan bangsa ketika merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, disampaikan ulasan tentang HUT RI ke-73 oleh perwakilan guru, Lina Julita, S.Pd. “Kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia merupakan tonggak bersejarah yang tidak akan kita lupakan sampai akhir hayat sehingga selalu diperingati setiap tahunnya”, tutur Ibu Lina.

Proklamasi kemerdekaan, bukanlah suatu tujuan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia namun merupakan alat untuk mencapai tujuan yang lebih jauh yaitu terciptanya masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila.

Ibu Lina menambahkan bahwa kemerdekaan yang telah dicapai  harus dipertahankan dan diisi oleh segenap rakyat Indonesia. Kini, Indonesia tidak lagi dijajah  oleh penjajah tapi oleh kemalasan. Kemalasan dapat membuat orang menjadi bodoh sehingga menimbulkan kemiskinan. Karena itu, mari kita hapus rasa malas tingkatkan semangat belajar dan bekerja untuk membangun negara Indonesia tercinta.

Selain teatrikal drama, diselenggarakan pula aneka lomba bagi seluruh siswa. Siswa sangat antusias mengikuti lomba  di antaranya balap kerupuk, balap kelereng, estafet bola, paduan suara, dan lomba memindahkan air menggunakan tangan.

Penguatan karakter siswa perlu diterapkan sejak dini sehingga setiap kegiatan sekolah haruslah bermakna bagi siswa. Kegiatan peringatan HUT RI merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, seperti yang tertuang dalam pendidikan karakter Bandung Masagi.

  

 

Video teatrikal drama yang diperankan oleh siswa dan guru SD Taruna Bakti :