Select Page

Senin, 5 Desember 2016 tampak anak SD memenuhi ruang pamer yang  ada di Museum  Puspa IPTEK Sundial, Kota Baru  Parahyangan. Mereka adalah siswa siswi SD Taruna Bakti kelas 3 yang sedang berkunjung melaksanakan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah (KBMLS). Dipandu oleh beberapa orang guru dan fasilitator museum, mereka mencoba bermacam-macam alat peraga ilmiah yang menarik. Beberapa alat peraga yang dicoba oleh siswa antara lain baskom air mancur yang menghasilkan “air menari” bila digosok, sepeda gantung, uji konsentrasi dengan kursi berpaku, dan kepala terpenggal.      

KBMLS merupakan program rutin SD Taruna Bakti yang dilaksanakan setelah melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester). Kegiatan ini diiikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6. Lokasi KBMLS pun berbeda-beda. Kelas 1 mengunjungi Toko Yogya Jalan Sunda untuk mencoba membuat pizza, kelas 2 berkunjung ke Bumi Panda WWF  di Jalan Geusan Ulun untuk mengenal satwa yang dilindungi, menonton film tentang satwa dan melihat laboratorium air, kelas 4 berkunjung ke Museum Iptek, kelas 5 berkunjung ke Lapangan Gasibu serta  kelas 6 berkunjung ke Museum Pos Indonesia dan Museum Geologi.

Banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan-kegiatan ini, diantaranya adalah  menghindari  kejenuhan  setelah mengikuti kegiatan belajar rutin setiap hari.  Dengan KBMLS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat siswa merasa senang.  Keuntungan lain yang bisa didapat dari KBMLS adalah menanamkan jiwa  kebersamaan  dan kemandirian kepada siswa.