Select Page

 SD Taruna Bakti menjadi salah satu sekolah yang menjadi sekolah inisiator dalam gerakan Nyatakan Cintamu dengan Berjalan Kaki yang digagas oleh Pemkot Bandung.

Wali Kota Ridwan Kamil melaksanakan aksi dengan berjalan kaki dari RM Riung Sari sampai Paviljoen Hotel, Rabu 1 Maret 2017. Tindakan serupa dilakukan istri Wali Kota Bandung, Atalia Ridwan Kamil, yang berjalan kaki dari Bobber Cafe sampai Paviljoen Hotel. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat Kota Bandung, khususnya para pelajar, untuk membiasakan berjalan kaki saat pergi ke sekolah.

Ridwan Kamil menyampaikan, membiasakan jalan kaki jika menuju lokasi yang jaraknya dekat sangat diutamakan. Sementara untuk arak menengah cukup menggunakan sepeda. Sedangkan yang jaraknya jauh dapat menggunakan kendaraan dan berhenti 500 meter sebelum sampai sekolah agar kendaraan tak menumpuk di depan sekolah dan menyebabkan macet.

Kegiatan ini disambut terbuka oleh pihak sekolah SD Taruna Bakti, setiap Rabu beberapa perwakilan siswa dan guru ikut serta berjalan kaki mulai dari check in point yang ditentukan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pembiasaan bagi siswa siswi dan seluruh warga sekolah untuk membudayakan berjalan kaki setiap hari.

Banyak manfaat yang diharapkan dapat dirasakan dari kegiatan ini, yaitu:

♦ Belajar disiplin, berjalan kaki di trotar sebelah kanan aspal.

♦ Berlatih memahami etika lalu lintas.

♦ Menambah keakraban dan pengalaman seru terutama bila kegiatan ini dilakukan bersama orang tua dan teman.

♦ Sarana edukasi bagi siswa dan masyarakat bahwa trotoar bukan      tempat berjualan atau digunakan untuk parkir kendaraan.